Cara membuat new project pada RSLogix 5000

RSLogix 5000 adalah software yang digunakan untuk memprogram PLC ControlLogix. RSLogix 5000 berjalan pada komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows NT, windows 2000 dan windows 7 untuk versi terbaru. Selain RSLogix 5000 kita juga memerlukan software RSLinx sebagai software interface antara komputer dengan ControlLogix. Ini diperlukan pada saat download/upload atau online monitoring.

Bila menggunakan I/O ControlNet kita juga memerlukan software RSNetworx for ControlNet, sedangkan bila menggunakan I/O DeviceNet kita memerlukan software RSNetworx for DeviceNet

Membuat Project

Untuk membuat program aplikasi baru untuk ControlLogix berarti membuat project baru pada RSLogix 5000. Untuk membuat project ControlLogix maka  jalankan software RSLogix 5000 pada komputer dengan meng-klik ganda pada ikon RSLogix 5000 pada layar desktop. Ikon ini diletakkan pada desktop pada saat instalasi software RSLogix 5000. Setelah jendela RSLogix 5000 muncul dan siap dipakai, klik pada menu File dan pilih New atau klik pada ikon New. Pada layar komputer akan muncul jendela New Controller. Melalui jendela ini kita akan menentukan jenis processor ControlLogix yang akan dipakai, nama dari project, deskripsi bila diinginkan, jenis chassis yang digunakan (berapa slot), slot tempat processor diletakkan dan folder tempat penyimpanan file project.

Masukkan informasi-informasi yang berkaitan pada kotak isian yang tersedia. Pada kotak Type pilihlah jenis processor yang digunakan. Untuk Name masukkan nama project yang akan dibuat. Nama ini nantinya juga akan dipakai sebagai nama file dengan extension file .ACD. Masukkan deskripsi pada kotak Description bila diperlukan. Pada Chassis Type pilih jenis chassis yang akan dipakai apakah chassis 4 slot, 7 slot, 10 slot, 13 slot atau 17 slot. Simulator ControlLogix yang dipakai menggunakan chassis 10 slot, karena itu pilihlah 1756-A10 10-Slot ControlLogix Chassis. Simulator ControlLogix yang dipakai memiliki dua processor yang dipasang pada slot 1 dan 4. Kita akan menggunakan processor pada slot 1 lebih dahulu, masukkan 1  pada kotak Slot yang tersedia. Pada kotak Create In, pilih folder tempat file project akan dibuat dengan menggunakan fasilitas Browse. Gunakan folder C:\RSLogix 5000\Projects. Ini adalah folder default yang dibuat oleh RSLogix 5000 pada saat instalasi software tersebut. Klik OK setelah selesai memasukkan informasi-informasi tersebut.

Mengubah property Controller

Bila diinginkan untuk mengubah property Controller / project yang telah dibuat, pada jendela project klik kanan pada folder Controller Training kemudian pilih Properties. Akan muncul jendela Controller Properties. Jendela ini terdiri dari beberapa tabulasi. Beberapa hanya aktif pada saat online dengan controller.

Bila ada perubahan yang ingin dilakukan silakan mengubahnya melalui jendela Controller Properties ini. Melalui jendela ini kita juga bisa mengubah parameter-parameter port RS-232  melalui tabulasi Serial Port, System Protocol dan User Protocol.

Baca juga : Cara Konfigurasi modul IO pada Rslogix 5000

 

Belajar sambil berbagi itu indah, Jangan lupa share untuk berbagi.

http://tutorialplc.com

Terima Kasih.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.