Cara Konfigurasi Modul I/O Remote pada Rslogix 5000

PLC ControlLogix dapat berkomunikasi dengan I/O pada chassis remote menggunakan Remote I/O, ControlNet, DeviceNet atau Ethernet. Untuk dapat memanfaatkan feature-feature I/O ControlLogix dan untuk system redundancy maka kita harus menggunakan juga I/O ControlLogix dengan menggunakan ControlNet. Konfigurasi modul I/O remote hampir sama dengan konfigurasi modul I/O local, hanya saja sebelum mengkonfigurasi modul I/O-nya sendiri, kita harus mengkonfigurasi modul komunikasi pada chassis local dan modul komunikasi atau adapter pada chassis remote. Selain itu untuk bisa menggunakan I/O ControlNet kita juga perlu menggunakan software RSNetworx for ControlNet.

Konfigurasi Modul ControlNet Remote

Untuk melakukan konfigurasi pada modul controlnet remote. Pada jendela Project, klik kanan modul ControlNet yang baru saja dibuat pada folder I/O Configuration dan pilih New Module. Pada jendela I/O Configuration, pilih modul 1756-CNB atau 1756-CNBR, kemudian klik OK. Pada layar akan tampil jendela Module Properties.

Masukkan RemoteCnetNode2 untuk nama modul ini, kemudian pada kotak Chassis Size masukkan ukuran chassis yang digunakan. Pada kotak Slot pilih slot 0 karena modul ControlNet pada chassis remote ini berada pada slot 0 chassis. Klik Next> untuk beralih ke jendela Module Property berikutnya. Parameter pada jendela ini tidak akan diubah sehingga kita mengklik Next> kembali. Jendela ini hanya aktif pada saat online. Klik Next> kembali, kemudian klik Finish.

Untuk mengkonfigurasi modul I/O-nya sendiri pada chassis, klik kanan pada modul ControlNet remote yang baru dibuat dan pilih New Module. Prosedur selanjutnya sama seperti mengkonfigurasi modul I/O local.

Baca juga : Komponen – Komponen pada PLC

Belajar sambil berbagi itu indah, jangan lupa share untuk berbagi

http://tutorialplc.com

Terima Kasih

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.