Cara konfigurasi RTU Max Scada

Pada kesempatan ini yoppy ingin share tentang cara konfigurasi RTU ( Remote Terminal Unit ) max scada. Max scada ini memiliki brand intex dengan tipe W5430.

Tujuan dipasang max scada ini agar dapat memonitor status mati hidupnya pumping unit yang ada dilapangan. Komunikasi yang digunakan max scada ini menggunakan jaringan telphon seluler. Fasilitas yang ada pada max scada ini sangat banyak. Alat ini bisa mengirim informasi menggunakan sms, email, opc server dan data modbus.

Pada kesempatan ini yoppy akan sharing tentang komunikasi menggunakan opc server. Hal – hal apa yang harus kita persiapkan.

1. Kartu provider yang sudah mendapatkan APN, untuk mendapatkan APN kita harus berlanggan dengan sebuah provider. Kartu yang yoppy gunakan untuk project ini menggunakan provider telkomsel dengan kartu M2M.

2. Setelah kita mendapatkan APN masukan kartu M2M tadi ke alat max scada. Untuk konfigurasi kita butuh kabel ethernet / kabel serial. Kali ini yoppy menggunakan kabel ethernet karena komunikasinya lebih cepat.

3. Setelah kabel ethernet dipasang setting ip computer kita dengan ip : 192.168.127.100 kenapa ip nya itu karena bawaan ip default dari max scada 192.168.127.254, kemudian coba lakukan ping untuk test komunikasi. Setelah replay baru buka aplikasi max escada dengan nama IOAdmin.

4. Lakukan browser pada aplikasi maka kita akan langsung otomatis online dengan perangkat max scada. Kemudian kita lakukan konfigurasi, untuk lebih jelas bagaimana cara konfigurasi teman2 bisa lihat video dibawah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.