PLC

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Programmable Logic Controller (PLC) adalah peralatan elektronik yang mengontrol mesin dan proses. PLC mempunyai memory yang digunakan untuk meyimpan instruksi dan menjalankan fungsi-fungsi termasuk kontrol on/off, timer, counter, sequence, aritmatika, dan data handling.

PLC pertama diinstal tahun 1969 berfungsi untuk menggantikan sistem kontrol yang sebelumnya menggunakan relay.

Mengapa menggunakan PLC?

  • PLC secara ekonomis cukup sesuai untuk menggantikan sistem kontrol yang memerlukan lebih dari empat buah relay.
  • Reliabilitas / kehandalan. Sekali program dibuat dan di-debug, program tersebut dapat dengan mudah dipakai untuk PLC lain yang fungsinya sama. Hal ini mengurangi waktu pemrograman, debug, dan meningkatkan reliabilitas. Karena logic-nya berada pada memory PLC. Tidak ada masalah dengan kesalahan wiring rangkaian logic-kontrol. Hanya diperlukan wiring ke input dan output.
  • Flexibilitas. Modifikasi program dapat dilakukan dengan mudah. Pembuat mesin / OEMs (original equipment manufacturers) dapat dengan mudah meng-update sistemnya dengan cara mengirimkan program baru. Pemakai mesin juga dapat melakukan modifikasi program di field. Sebaliknya OEM juga bisa mem-protek agar pemakai mesin tidak dapat melakukan perubahan program PLC.
  • Fungsi-fungsi yang lebih baik. PLC dapat melakukan macam-macam fungsi kontrol dari kontrol on/off sederhana, sequence yang berulang-ulang, sampai manipulasi data yang kompleks. Jadi menggunakan PLC membuka banyak kemungkinan bagi designer, dan memudahkan bagi personnel maintenance.
  • Komunikasi. PLC dapat berkomunikasi dengan operator interface, PLC lain, atau komputer untuk data collection dan pertukaran informasi.
  • Kecepatan. Karena banyak mesin otomatis memproses ribuan item per menit – dan kecepatan object melalui sensor hanya dalam waktu kurang dari satu detik – banyak aplikasi otomatisasi memerlukan kemampuan respons PLC yang cepat.
  • Kemampuan troubleshooting peralatan pemrograman dan kemampuan diagnostik di dalam PLC sendiri memudahkan pemakai melacak dan memperbaiki masalah software dan hardware.

Penerapan / Aplikasi PLC

Penerapan / Aplikasi PLC banyak digunakan untuk  : pembungkusan, pembotolan, pengalengan, material handling, power generation, building control system, sistem keamanan, assembly line otomatis, pengecatan, dan water treatment, dll.

Leave a Comment

Your email address will not be published.